Baca Juga
Apakah ada yang belum mengerti tentang E-Commerce? Pasti sudah tahu kan yah bisnis online yang sedang viral di Indonesia. Mulai dari sosial media sampi situs web, tentu saja memudahkan kita untuk bertransaksi barang ataupun jasa. Contohnya seperti Lazada, Tokopedia, bukalapak dll.
Postingan ini adalah materi dari matakuliah E-Commerce di kampus saya. Untuk yang kuliah di BSI pasti tau, ya ini adalah Modul E-Commerce BSI Pertemuan 1.
Ini sebagai catatan priba saya sekaligus berbagi kepada yang membutukan. selamat mebaca .....
Postingan ini adalah materi dari matakuliah E-Commerce di kampus saya. Untuk yang kuliah di BSI pasti tau, ya ini adalah Modul E-Commerce BSI Pertemuan 1.
Ini sebagai catatan priba saya sekaligus berbagi kepada yang membutukan. selamat mebaca .....
leadershub.org
Pengertian E-Commerce
Electronic Commerce (E-Commerce) secara umum merupakan kegiatan bisnis (perniagaan/perdagangan) atau jasa yang berhubungan erat dengan konsumen
(Consumers), Manufaktur, Internet Service Provider (ISP) dan Pedagang Perantara (Intermediateries) dengan menggunakan media elektronik. Dalam hal ini media elektronik utama dengan menggunakan internet, televisi, www, atau jaringan komputer lainnya.
Ada pendapat dari para ahli tentang E-Commerce. Menurut Yuan Gao dalam Encyclopedia of Information Science and Technology (2005) menyatakan E-Commerce adalah penggunaan jaringan komputer untuk melakukan komunikasi bisnis dan transaksi komersial.
Kemudian Onno W. Purbo dan Aang Wahyudi mengutip pendapat David Baum.
Bahwa e-commerce merupakan suatu set dinamis teknologi, aplikasi dan proses bisnis yang
menghubungkan perusahaan, konsumen dan komunitas melalui transaksi elektronik dan perdagangan barang, pelayanan dan informasi yang dilakukan secara elektronik.
menghubungkan perusahaan, konsumen dan komunitas melalui transaksi elektronik dan perdagangan barang, pelayanan dan informasi yang dilakukan secara elektronik.
Tipe Aplikasi dalam Sistem e-commerce
Electronic Markets (EMs) adalah sebuah sistem informasi antar organisasi yang menyediakan fasilitas-fasilitas bagi para penjual dan pembeli untuk bertukar informasi tentang harga dan produk yang ditawarkan.
Electronic Data Interchange (EDI) adalah sarana untuk mengefisienkan pertukaran data transaksi-transaksi reguler yang berulang dalam jumlah
besar antara organisasi-organisasi komersial.
Internet Commerce adalah penggunaan internet yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi untuk perdagangan.
Konsep E-Commerce
E-Commerce memiliki 5 (lima) konsep dasar :
• Automation
Otomasi bisnis proses sebagai pengganti proses manual (konsep “enterprise resource planning”)
• Streamlining / Integration
Proses yang terintegrasi untuk mencapai hasil yang efisien dan efektif (konsep “just in time”).
• Publishing
Kemudahan berkomunikasi dan berpromosi untuk produk dan jasa yang diperdagangkan (konsep “electronic cataloging”)
• Interaction
Pertukaran informasi/data antar pelaku bisnis dengan meminimalisasikan human error (konsep “electronic data interchange”)
• Transaction
Kesepakatan dua pelaku bisnis untuk bertransaksi dengan melibatkan institusi lain sebagai fungsi
pembayar (konsep “electronic payment”)
Karakteristik E-Commerce
• Transaksi tanpa batas. Batas geografis tidak menghalangi perusahaan besar maupun kecil untuk go-internasional.
• Transaksi anonim. Penjual dan pembeli tidak harus bertatap muka dan tidak memerlukan identitas asli selama pembayaran telah diotoritas
• Produk digital dan non digital. Produk yang ditawarkan bisa lebih beragam
• Produk Barang tak berwujud. Seperti data, software atau ide-ide dapat dijual secara online
Tantangan perkembangan E-Commerce di Indonesia, yaitu:
1. Kultur
• Masyarakat Indonesia, yang masih belum terbiasa dengan berbelanja dengan katalog.
• Masih harus melihat secara fisik atau memegang barang yang akan dijual.
• Masih senang menawar harga yang dijual 2. Kepercayaan
2. Kepercayaan
• Kepercayaan antara penjual dan pembeli masih tipis.
• Kepercayaan kepada pembayaran elektronik masih kurang.
• Penggunaan masih jarang.
Perkembangan E-Commerce di Indonesia
1. Merujuk data Frost & Sullivan (“Indonesia Telecom Outlook Indonesia–Go Online”, 2012), pendapatan transaksi Ecommerce di Indonesia mencapai USD 120 juta pada 2010 dan akan menjadi USD 650 juta pada 2015. Sementara itu, menurut Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), jumlah pengguna internet di Indonesia pada 2012 mencapai 63 juta dan diprediksi menjadi 82 juta di akhir 2013
2. Pertumbuhan E-commerce di Indonesia, menurut Daniel Tumiwa, Ketua Umum Indonesia e-Commerce Association (idEA), dipicu oleh tren digital yang tengah marak. “Industri e-commerce tumbuh secara signifikan di Indonesia. Sayangnya, baru 6,5% pengguna internet yang bertransaksionline.
- Menurut Azhar Hasyim, Direktur E-Bussiness Kementerian Komunikasi dan Informatika, pada tahun 2012, potensi E-commerce mencapai Rp 160 triliun dan di tahun 2013 diperkirakan akan naik 30 persen.
- Fred Wilson Venture Capitalist dari Union Square menganalisa Pendapatan E-Commerce mencapai $ 200 miliar di Amerika Serikat pada 2011 dan tumbuh hampir 10% per tahun. Pendapatan E-Commerce global setidaknya dua kali lipat, mungkin sebanyak $ 500 miliar
.
TAHAPAN TRANSAKSI E-COMMERCE
Mekanisme E-Commerce
Ruang Lingkup E-Commerce
1. Business To Business (B2B)
2. Business To Consumer ( B2C)
3. Consumer To Consumer (C2C)
4. Consumer To Bussines (C2B)
Business To Business (B2B)
• Pengertian B2B
meliputi transaksi IOS (Inter Organizational System) dan transaksi pasar elektronik (electronic market transactions) antar organisasi. Tipe-tipe IOS antara lain berupa EDI, extranets, electronic funds transfer, electronic forms, integrated messaging, shared databases, dan supply chain
management
Contoh: alibaba.com, ecplaza.net, ec21.net
-Karakteristik B2B
• Pertukaran informasi yang dilakukan atas dasar kebutuhan dan kepercayaan.
• Pertukaran Informasi dilakukan dengan format yang sudah disepakati dan Service sistem yang digunakan antar kedua pembisnis juga menggunakan standard yang sama.
• Salah satu pelaku bisnis tidak harus menunggu rekan bisnisnya untuk mengirimkan datanya.
• Sarana yang digunakan EDI (Electronic Data Interchange )
• Model yang umum digunakan adalah peer-to-peer, dengan model ini antar pelaku bisnis lebih mudah untuk mendistribusikan informasi yang dimilikinya
Business To Consumer (B2C)
Pengertian B2C Merupakan sistem komunikasi bisnis antar pelaku bisnis dengan konsumen untuk memenuhi kebutuhan tertentu pada saat tertentu.
Contoh: amazon.com, ebay.com, blackberry.com
Business To Consumer (B2C)
-Karakteristik B2C
• Informasi disebarkan secara umum.
• Pelayanan yang diberikan bersifat umum sehingga banyak digunakan oleh banyak orang.
• Pelayanan yang diberikan berdasarkan permintaan. Konsumen melakukan permintaan, maka pelaku usaha harus cepat dan siap merespon permintaan konsumen tersebut.
• Pendekatan yang dilakukan adalah Client Server, dimana Konsumen berada pada sisi Client, dengan menggunakan Web Broses untuk mengaksesnya, dan Pelaku Usaha berada pada sisi Server
Consumers To Consumers (C2C)
Pengertian C2C Dimana konsumen menjual produk secara langsung kepada konsumen lainnya. Biasanya individu mengiklankan produk, jasa, pengetahuan, maupun keahliannya disalah satu situs lelang atau classified ads.
Contoh: kaskus.com, tokobagus.com, bekas.com
-Karakteristik C2C
• Pada lingkup konsumen ke konsumen bersifat khusus
karena transaksi yang dilakukan hanya antar konsumen
saja, seperti Lelang Barang.
• Internet dijadikan sebagai sarana tukar menukar
informasi tentang produk, harga, kualitas dan
pelayanannya.
• Konsumen juga membentuk komunitas pengguna atau
penggemar suatu produk. Sehingga jika ada ketidak
puasan suatu produk, maka akan segera tersebar luas
melalui komunitas tersebut.
Consumers To Bussines (C2B)
Pengertian C2B Merupakan individu yang menjual produk atau jasa kepada organisasi dan individu yang mencari penjual dan melakukan transaksi.
Contoh: priceline.com, inabay.com
-Karakteristik C2B
• E-commerce antara individu dan
perusahaan secara langsung. • Dengan semakin banyaknya individu yang
menawarkan produk dan jasa melalui
internet maka pasar C2B semakin
potensial.
• Perusahaan mendapatkan akses yang
luas pada produk dan jasa ditawarkan
oleh individu.
Semoga informasi yang saya berikan di atas bermanfaat...
Oh iya nanti saya akan upload slide lengkapnya, jadi tunggu ya ikuti blog ini dengan memasukan email dibawah ini...
Oh iya nanti saya akan upload slide lengkapnya, jadi tunggu ya ikuti blog ini dengan memasukan email dibawah ini...
sumber:modul www.bsi.ac.idⓒsept2017