Baca Juga

Postingan ini di ambil dari salah satu materi kuliah saya di kampus BSI ( Bina Sarna Informatika). yang bertujuan untuk catatan dan pemahan tetang materi ini, sekaligus berbagi untuk yang membutuhkan atau untuk wawasan pengetahuan.

Baiklah tidak perlu basa basi lagi materi kali ini tentang Konsep Dasar Manajemen



Pendapat para ahli mengenai batasan manajemen : 

1. George R. Terry dalam bukunya “Principles of Manajemen” memberikan batasan:
Manajemen adalah suatu proses yang membedakan atas perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan, dengan memanfaatkan baik ilmu maupun seni, agar dapat menyelesaikan tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.

2. H.B. Siswanto
manajemen adalah seni dan ilmu dalam perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pemotivasian, dan pengendalian terhadap orang dan mekanisme kerja untuk mencapai tujuan.

3. T. H. Handoko
manajemen adalah bekerja dengan orang-orang untuk menentukan, menginterpretasikan dan mencapai tujuan-tujuan organisasi dengan pelaksaanaan fungsi-fungsi perencanaan, pengorganisasian, personalia, kepemimpinan dan pengawasan.


Elemen dasar manajemen : 

1. Elemen sifat : 

a. Manajemen sebagai suatu seni
Yaitu sebagai suatu keahlian, kemahiran, kemampuan dan keterampilan dalam aplikasi ilmu pengetahuan untuk mencapai tujuan.
b. Manajemen sebagai
Suatu ilmu Yaitu akumulasi pengetahuan yang telah di sistematisasikan dan diorganisasikan untuk mencapai kebenaran umum (general purposes).

2. Elemen fungsi : 

a. Perencanaan 
Suatu proses dan rangkaian kegiatan untuk menetapkan tujuan terlebih dahulu pada suatu jangka waktu/periode tertentu serta tahapan/langkah-langkah yg harus ditempuh untuk mencapai tujuan tersebut.
b. Pengorganisasian 
Suatu proses dan rangkaian kegiatan dalam pembagaian kerja yg direncanakan untuk diselesaikan oleh anggota kelompok pekerjaan,penentuan hubungan pekerjaan yang baik diantara mereka, serta pemberian lingkungan dan fasilitas pekerjaan yg kondusif.
c. Pengarahan 
Yaitu suatu rangkaian kegiatan untuk memberikan petunjuk atau instruksi dari seorang atasan kepada bawahan atau kepada orang yang diorganisasikan dalam kelompok formal dan untuk pencapaian tujuan bersama.
d.Pemotivasian 
Yaitu suatu proses dan rangkaian kegiatan yg dilakukan oleh seorang atasan dalam memberikan inspirasi, semangat, dan kegairahan kerja serta dorongan kpd bawahan untuk dpt melakukan suatu kegiatan yg semestinya.
e. Pengendalian atau 
Pengawasan. Yaitu suatu proses dan rangkaian kegiatan untuk mengusahakan agar suatu pekerjaan dpt dilaksanakan sesuai dengan rencana yg telah ditetapkan dan tahapan yg harus dilalui. Jika ada kegiatan yg tdk sesuai dengan rencana dan tahapan tersebut, diadakan suatu tindakan perbaikan (corrective actions).

Sekian postingan kali ini nanti saya akan share Materi yang lainnya. Ikuti blog ini dengan mamasukan email di bawah ini.

Semoga bermanfaat
Sumber: www.bsi.ac.idⓒsept2017