Cara Buat Website Gratis Untuk Pemula

Baca Juga

Di internet Anda bisa menjelajah jutaan bahkan miliaran website yang tersedia di berbagai negara. Banyak macam informasi bisa Anda peroleh dari internet, mulai dari berita hingga hiburan. Nah, jumlah web juga selalu meningkat karena pengetahuan masyarakat tentang cara membuat web gratis makin bertumbuh.

Pasalnya dari sekian banyak cara membuat web, memang ada beberapa platform yang menawarkan kemudahan bagi masyarakat awam agar bisa membuat web. Platform apa saja yang menawarkan pembuatan web gratis dan mudah? Berikut ulasannya.

Cara Buat Website Gratis di Berbagai Platform

1. Wordpress
Cara membuat web gratis yang pertama adalah dengan platform Wordpress. Wordpress menjadi platform gratis paling banyak digunakan di seluruh dunia dengan populasi 24 persen. Dengan dukungan open-source Anda bisa mengotak-atik pengaturan mulai dari tema, template, widget hingga plugin. Di Wordpress Anda akan diberikan informasi mengenai trafik, beserta 3GB ruang penyimpanan sampai bandwidth unlimited.

2. Wix
Selanjutnya ada Wix yang cocok bagi Anda seorang pemula untuk membangun website. Untuk mengatur layout, Anda harus melakukan click-and-drop semudah membuat PowerPoint. Ketika memakai Wix secara gratis, Anda akan memperoleh ruang penyimpanan 500MB dan bandwidth 1GB.

3. Tumblr
Kemudian ada Tumblr yang cocok untuk kalangan muda yang ingin membuat website gratis dan sederhana. Tumblr bisa Anda gunakan selayaknya buku harian dan cocok untuk blog pribadi. Tumblr sepenuhnya tersedia secara gratis, tanpa mempunyai opsi premium. Dengan begini Anda pun bisa memperoleh hosting dan bandwidth secara unlimited.

4. Yola
Situs gratis selanjutnya yakni Yola. Yola akan memberikan pilihan untuk membuat 5 website secara gratis. Situs ini sangat cocok digunakan untuk Anda yang memulai bisnis online. Yola pun menyediakan hosting dengan kapasitas penyimpanan 1GB, static website dan bebas banner serta pop-up iklan.

5. Blogger
Selanjutnya ada Blogger yang bisa Anda coba sebagai alternatif dari Wordpress. Website ini bisa Anda pakai secara gratis dengan menawarkan tampilan antarmuka yang mudah dipahami oleh pemula. Selain itu, jika Anda berniat untuk melakukan monetisasi, Blogger sangat cocok karena sangat mudah memasangnya lewat Google Adsense.

Baca Juga :

6. Weebly
Sama seperti Wix, cara buat website gratis dengan Weebly pun memakai kustomisasi drag and drop untuk mengatur layout. Anda bisa mengedit tampilan Weebly langsung dari aplikasi mobile. Ketika menggunakannya, Anda akan memperoleh penyimpanan 500MB dan bandwidth unlimited.

7. Squarespace
Mungkin Squarespace bukanlah website gratis terbaik untuk Anda yang suka ngeblog. Namun Squarespace lebih diperuntukkan untuk Anda yang hendak presentasi melalui website ke klien. Squarespace akan memberikan kemudahan untuk mengelola konten seperti tulisan dan video tanpa kemampuan coding. Anda akan memperoleh 2 buah halaman website saja dengan batasan 500 pengunjung.

8. WebsiteBuilder
Cara buat website gratis yang tampak professional akan terasa mudah jika memakai WebsiteBuilder. Dengan halaman editor yang simple, Anda bisa mengatur website dengan cara drag and drop tanpa perlu pemahaman HTML atau CSS sama sekali. Situs pembuatan website gratis ini mempunyai keunggulan dalam hal koleksi desain yang bervariasi dan template-template yang terdiri dari ragam kategori. Bahkan WebsiteBuilder pun akan memberikan sub-domain gratis kepada Anda.

9. IM Creator
Tampilan editor drag and drop yang ditawarkan oleh website ini terkesan intuitif. Sama seperti situs pembuatan website gratis lainnya, IM Creator sudah menawarkan paket gratis berupa hosting sebesar 50 MB beserta second level domain. Setiap bulannya, Anda akan memperoleh update koleksi template yang sangat beragam. Desainnya yang begitu responsif membuat semua website yang dibuat melalui situs ini bisa dibuka melalui berbagai macam perangkat seperti komputer ataupun smartphone.

10. Jimdo
Website ini dibuat pada tahun 2004. Jimdo berhasil menjadi situs pembuatan website gratis yang sangat populer. Dengan memakai Jimdo, Anda bisa membuat website gratis berbasis HTML5. Salah satu kelebihannya yakni dapat digunakan untuk membuat toko online professional namun dengan jumlah produk yang terbatas.

11. Sitey
Sebagai alternatif situs pembuatan website gratis, Sitey memang masih berumur jagung namun bisa membantu Anda dalam membuat website gratis yang sangat profesional. Untuk paket gratisnya, Sitey memberikan hosting sebesar 50 MB, upload file mencapai 5 MB dan bandwidth 1 GB. Jika Anda menggunakan Sitey, Anda pun akan memperoleh website versi mobile dan komputer, image gallery, serta link integrasi sosial media yang sangat mudah.

Baca Juga :
Itu tadi beberapa platform yang menawarkan kemudahan cara buat website gratis untuk para pemula. Yang terpenting adalah jangan takut mencoba dan tetap tekun. Semoga bermanfaat.

Comments