4 Contoh Usaha di Desa Paling menjanjikan

Baca Juga

4 Contoh Usaha di Desa Paling menjanjikan - Sebagian orang, atau bahkan kebanyakan orang berpendapat bahwa jika ingin sukses harus membuka usah di kota – kota besar. Kenyataannya, bisa jadi usaha di desa  lebih menjanjikan jika kita benar – benar melakukan survey yang tepat  dengan tujuan mengetahui usaha apa yang cocok dan bisa berkembang dengan pesat di desa tertentu.

Tidak menurtup kemungkinan, membuka usaha di desa bisa mendapatkan omset puluhan juta jika benar – benar mengelolanya dengan baik. Kita bisa membuka usaha sediri dengan bermacam – macam kriteria yang dibutuhkan oleh orang – orang di desa tersebut. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar usaha yang kita lakukan bisa berjalan dengan lancar.

1. Melakukan Survey

Survey merupakan hal yang pertama kali harus Anda lakukan. Karena, dengan melakukan survey kita bisa mengetahui apa yang dibutuhkan orang – orang di wilayah tersebut, tempat yang cocok untuk dijadikan usaha, pemilihan lokasi yang strategis, dan survey yang lainnya yang setidaknya bisa mengetahui apa, kapan, dan dimana usaha tersebut bisa dijalankan.

2. Minat dan Bakat

Bukan hanya mementingkan omset yang besar saja, bakat juga harus kita perhatikan agar kita bisa menjalankan usaha tersebut dengan sepenuh hati tanpa adanya keterpaksaan. Karena, sesuatu yang dilakukan atas bakat dan minat dari diri seseorang, usaha tersebut berpeluang besar akan terus berkembang dan berumur panjang.

3. Banyak melakukan, bukan teori

Kebanyak orang lebih mengutamakan teori daripada terjun ke lapangan langsung. Hal tersebut tentunya kurang tepat karena orang yang terjun ke lapangan langsung lebih jelas dalam pengamatannya dalam melakukan survey. Jika dilakukan hanya teori saja, kita tidak mempunyai gambaran lebih jelas sehingga pemahaman kurang baik.

Setelah Kita melakukan beberapa hal di atas, kita bisa langsung memilih usaha yang tepat di desa Anda. Berikut ini ada beberapa rekomendasi usaha yang menjanjikan dan bisa dilakukan di desa - desa.

1. Pom Bensin Mini

Salah satu usaha yang cukup menjanjikan. Pom bensin mini atau sering disebut dengan pom mini merupakan salah satu bentuk moderen dari bensin eceran yang sering kita jumpai di desa –desa. Harga bbm dari pom mini ini berbeda dengan harga yang ada di pom bensin biasa yang biasanya ada di kota – kota besar, dipastikan harganya  lebih mahal.

Kenapa pom bensin mini ini menjadi usaha yang menjanjikan?  Karena jumlah kendaraan di indonesia terutama sepeda motor sudah merambah ke desa – desa terpencil, bahkan sebagian besar kendaraan yang ada di desa adalah sepeda motor. Menggunakan pom mini lebih efisien digunakan karena alat yang digunakan hampir sama dengan alat yang ada di pertamina.

2. Usaha Kuliner Modern

Sehebat apapun manusia, pastinya membutuhkan asupan makanan yang bervariasi untuk memenuhi kebutuhan tubuhnya. Usaha kuliner meruapakn salah satu usaha yang bisa berkembang dengan pesat  karena di desa masih sedikit sekali orang yang menggeluti usaha kuliner modern.

Buatlah beberapa variasi dalam usaha kuliner yang akan Anda buat, hal tersebut berfungsi untuk memikat daya tarik pembeli sehingga usaha kuliner anda bisa terkenal dengan keunikannya. Bukan hanya makanannya saja yang bervariasi, tapi juga teknik pemasaran yang berbeda pula, mulai dari delivery (pesan antar) pemesanan langsung, media onine, ataupun warung.

Dengan usaha kuliner, kemungkinan untuk berkembang lebih cepat akan lebih besar. Karena, makanan merupakan kebutuhan pokok semua orang, apalagi dengan kuliner yang baru ada di desa, dipastikan semua orang akan penasaran untuk mencicipi kuliner tersebut.

3. Rental Playstation

Dijaman modern ini, bermain game sudah seperti kebutuhan pokok. Semua orang pasti suka dengan bermain game, terutama game console yang memang menjadi penghibur andalan remaja untuk menghilangkan bosan.
Di desa, orang yang mempunya playstation sangat sedikit, mungkin hanya ada beberapa saja.

Hal tersebut bisa kita manfaatkan sebagai peluang usaha dengan mebuka rental playstation. Walaupun uang yang didapatkan tidak seberapa, tapi kita tidak perlu berbuat banyak untuk menjalankan usaha ini, hanya membutuhkan modal awal untuk membeli beberapa untit playstation.

Namun, beri aturan di dalam rental playstation Anda seperti jadwal bermain dan tidak boleh bermain di jam – jam tertentu agar tidak menggangu masyarakat sekita.

4. Membuka Bimbel

pendidikan merupakan salah satu kebutuhan semua orang. Karena pendidikan merupakan salah satu cara merubah orang yang tadinya tidak bisa apa – apa menjadi seseorang yang serba tahu dan bisa. Untuk membantu mencerdaskan bangsa, Anda bisa membuka usaha bimbel (bimbingan belajar) karena di desa – desa masih banyak orang yang membutuhkan informasi tambahan demi masa depan yang lebih baik.
Buka usaha bimbel sesuai kemampuan anda seperti di bidang pelajaran matematika, bahasa indonesia, bahasa inggris, ataupun komputer.

Comments