6 Faktor Utama Mengapa Bisnis Online Tidak Berkembang

Baca Juga

6 Faktor Utama Mengapa Bisnis Online Tidak Berkembang - Banyak sekali orang yang bertanya, kenpa bisnisi online Saya tidak pernah berkembang? Apakah gara – gara kurangnya promosi? Atau dari faktor luar? Semua pertanyaan tersebut sering meghantui bisis yang sedang kita jalani. Tidak heran memang jika sebuah bisnis mengalami penurunan, namun ada beberap faktor yang menyebabkan bisnsi online Kita tidak pernah berkembang, apalagi maju.

Bisnis online turun merupakan kabar buruk yang cukup mengkhawatirkan. Dimana, seseorang akan sangat tertekan ketika melihat bisnis yang dijalaniya susah payah turn begtu saja tanpa mengetahui apa penyebabnya.

Permasalahannya, apakah pebisnis tersebut tahu apa yang menyebabkan bisnisnya mengalami penurunan? Untuk mengetahuinya, mari kita simak Faktor Internal (darii dalam) yang menyebabkan penurunak kulaitas pada suatu bisnis dibawah ini.

1. Melakukan survey lapangan

Tanpa adanya data nyata, Kita akan susah menemukan permasalahan yang sedang dihadapi. Semakin besar bisnis online kita, maka semakin besar pula kemungkinan timbulnya masalah. Telususri satu persatu apa yang mengalami perubahan atau terlihat janggal sehingga kita bisa langsung mengambil tindakan cepat.
Permasalahan bisa terjadi kapan dan dimana saja, sehingga anda harus benar – benar mengecek satu per satu apakah semuanya tidak ada kenadala.

2. Melakukan uji coba

Mulailah untuk mencari apa yang salah dari bisnis yang sedang dijalanka. Mulailah untuk melakukan eksperimen agar Kita bisa tahu titik permasalahan yang dihadapi. Setiap uji coba yang dilakukan, catat baik – baik kesalahan yang terjadi. Semakin banyak kesalahan yang didapatkan, maka Kita harus semakin sering mengeceknya.

3. Menanyakan kepada pelanggan

Ada kalanya, kita menanyakan apakah pelanggan tersebut puas dengan pelayanan yang diberikan, jika tidak, apa penyebabnya. Dari situ Kita bisa tahu dimana letak permasalahan yang dihadapi. Semakin banyak pelanggan yang ditanyakan, maka akan semakin baik.
Namun, perlu diperhatikan juga kenyamanan dan keamanan pengunjung. Jangan sampai melontarkan kata – kata yang berifat menyinggung ataupun merasa terganggu dengan pertanyaan yang diberikan.
Setelah kita mengetahui permasalahan dari ddalam, dibawah ini ada 3 faktor eksternal yang menyebabkan bisnis Kalian suit untuk berkembang.

4. Strategi Pemasaran yang Kurang Baik

Strategi pemasaran merupakan salah satu faktor penting yang perlu Kita pahami. Bagaimana tidak, setiap kali kita melangkah terutama dalam mencari pengunjung, setidaknya Kita harus benar – benar meningkatkan kata kunci di mesin pencarian.

Mengapa toko online kita sepi? Karena setiap kali orang menulis kata kunci tertentu, webiste kita berada di bagian paling bawah atau kalah saing dengan website alin. Setidaknya kita perda di halaman utama, walaupun bungkat peringkat pertama.

Jika ingin strategi pemasaran kita berhasil, salsah satu cara yang memang membutuhkan modal adalah dengan cara beriklan. Beriklan merupakan strategi paling jitu terutama menggunakan google Adwords. Karena dengan menaruh kata kunci yang tepat, urutan website kita akan selalu di rank pertama dengan bantuan media pengiklanan.

5. Tampilan situs yang tidak menarik

Misalkan Kita punya rumah dengan tampilan yang biasa saja, tidak ada sesuatu yang menarik, apakah anda akan betah tinggal dirumah tersebut? tentu saja tidak.setiap orang tentunya menginginan rumahnya enak dihuni, aman, nyaman, dan tidak membosankan bukan.

Sama halnya dengan sebuah website. Jika kita membuat sebuah website dengan tamplan biasa saja, tidak enak untuk dikunjungi, atau bahkan loading terlalu lama bisa membuat pengunjung kapok untuk kembali lagi ke situs Anda.

Hal tersebut tentunya dapat menurunkan popularitas website Kita. Semakin bagus tampilan website kita, maka pegunjung akan leih nyaman dalam mencari sebuah produk. Setidakny aKita sudah mendpaatkan poin plus dimata pengunjung.
Navigasi yang baik juga perlu kita perhatikan. Dengan navigasi yang baik bisa mempermudah pengunjung untuk menemukan barang yang dicari seperti penggunaan label, tersedianya kolom pencarian, dan pengelompokan barang sesuai fungsi.

6. Produk yang Biasa Saja

Mengapa ada orang yang bisa benar – benar sukses dalam menjalankan Bisnis Online? Karena adanya ketertarikan pelanggan untuk membeli produk tersebut. produk tersebut tentunya harus terlihat menarik dan membuat penasaran pengunjung.

Memasarkan produk yang biasa saja, tidak ada ketertarikan akan membuat jumlah pembeli sedikit. Dimana, setiap orang kemungkinan membeli sebuah barang dilihat dari 2 hal, yaitu diskon dan unik. Dimana ada diskon, disitu juga pembeli akan lebih tergiur. Sama halnya dengan unik/inovasi baru, mereka akan merasa wajib memebelinya karena terasa berbeda dengan produk yang lain.

Itulah beberapa faktor yang memperngaruhi bisnis online yang sedang dijalankan tidak mau berkembang. Selalu melakukan monitoring website Anda dan cari tahu dimana titik rentan website tersebut agar bisa kita lakukan perbaikan secara teratur. Sekian terima kasih telah berkunjung. Jangan lupa untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga : 5 PELUANG BISNIS ONLINE PALING MENJANJIKAN

Comments