4 Trik Sukses Agar Bisnis Panjang Umur

Baca Juga

4 Trik Sukses Agar Bisnis Panjang Umur - 4 Trik Sukses Agar Bisnis Panjang Umur – Banyak sekali orang yang berlomba – loba dalam menjalankan bisnisnya, mulai dari bisnis rumahan, kantoran, online, dan lain sebagainya. Namun, salah satu faktor gagalnya seorang pebisnis adalah biisnis yang ditekuniya tidak panjang umur atau hanya berjalan dalam beberapa tahun saja.

Hal tersebut tentunya menjadikan mipi buruk bagi semua pebisnis yang ada di dunia. Bukan hanya bisnisnya saja yang meredup, keuangannya juga mulai menyusut karena tidak ada penghasilan yang didapatkan. Hal tersebut karena ada beberapa faktor yang menyebabkan gagalnya seorang pengusaha
muda tanpa memikirkan jangka panjang di bidang usahanya.


Apa yang menyebabkan Bisnis bisa berumur pendek?
Hal yang paling banyak ornag lakukan sehingga membuat bisnisnya berumur pendek adalah mencari keuntungan yang banyak dalam waktu singkat tanpa memikirkan kedepannya. Dalam artian, bisnis yang digelutinya hanya menguntungkan dalam jangka waktu yang pendek, dan meredup di akhir musimnya.

Memang, bsinis yang memiliki keuntungan banyak dalam sesaat merupakan ujian terberat hidup seseorang. Dan yang paling fatal, setelah mendapatkan keuntungan tersebut, mereka bukannya memikirkan bagaimana caranya agar bisnisnya bisa berjalan tanpa adanya hambatan malah menghambur – hamburkan uangnya tanpa adanya rasa khawatir bisnis yang digelutinya akan meredup.

Untuk mengantisispasi hal diatas, ada beberapa trik yang bisa kita lakukan agar bisnis kita memiliki umur panjang dan bisa terus menerus meraup pundi – pundi uang. Untuk itu, mari kita simak ulasan berikut ini 4 Trik Sukses Agar Bisnis Panjang Umur :

1. Memisahkan Urusan Bisnis dan Pribadi

Hal yang sangat penting untuk kita perhatikan adalah membedakan antar urusan pribadi dengan urusan bisnis. Ini merupakan salah satu gagalnya seorang pengusaha dalam menjalankan bisnisnya. Namun, apa sih hubungannya bisnis dengan urusan pribadi? Kenapa harus di pisah? Bukannya malah tambah membingungkan?

Mungkin itu hanya sebagian pertanyaan yang dilontarkan oleh orang yang baru saja masuk dalam dunia bisnis. Urusan bisnis dan pribadi tidak boleh disatukan agar pengeluaran dan pemasukan bisa kita kontrol dengan baik sehingga tidak terjadi tumpang tindih yang bisa menyebabkan rekam transaksi tidak rapih dan susah untuk terdeteksi.

Yang paling berbahaya adalah kita tidak bisa mengontrol pengeluaran untuk urusan pribadi yang sudah menjadi kodrat manusia selalu kurang dalam hal sesuatu. Jika tidak memisahkan urusan pribadi dengan bisnis, dikhawatirkan pengeluaran yang seharusnya untuk bisnis malah terpakai untuk urusan pribadi.

2. Efisien dalam Pengeluaran

Pengeluaran merupakan point penting selanjutnya yang memang harus kita perhatikan agar tidak terjadi pengeluaran berlebih yang bisa menyebabkan hilangnya modal jika sewaktu – waktu bisnis kita mengalami penurunan omset.

Hal tersebut dikarenakan semua bisnis yang dijalani pastinya akan terjadi masalah, sehingga untuk mengantisipasinya harus menyiapkan modal untuk memperbaiki permasalahan yang dihadapi.
Efisien bukan beraarti kita harus pelit terhadap karyawan ataupun orang lain, namun setidaknya kita harus lebih mementingkan kebutuhan pokok dibandingan sekunder.

Karena agar bisnis Anda bisa memiliki jangka waktu panjang, dibutuhkan beberapa peningkatan entah itu dari alat, karyawan, ataupun kebutuhan yang lainnya yang membutuhkan dana yang tidak sedikit.
Setidaknya, melakukan penghematan bisa dijadikan sebagai tabungan masa depan yang tidak lain demi menjadikan bisnis yang ditekuni bisa terus berkembang dan maju karena persaingan di dunia bisnis bisa sangat sengit.

3. Memperhatikan Tenaga Kerja

Tenaga kerja merupaka faktor penting demi kelancaran bisnis Anda. Tenaga kerja merupakan orang yang berperan penting dalam suatu usaha karena mereka yang membantu Anda dalam mengelola suatu bisnis agar tetap maju dan menuju kesuksesan.

Jumlah perkerja juga harus tetap diperhitungkan, karena jika terlalu banyak, otomatis pengeluaran perusahaan akan lebih banyak dibandingkan pemasukan. Jika terlalu sedikit, otoatis ada beberapa bidang yang kurang terurus dan terabaikan sehingga produktifitas akan menurun.

Dari segi gaji, kita juga harus memperhatikan apa yang menjadi hak si pekerja. Hal tersebut meliputi  gaji pokok, uang lembur, tunjangan kesehatan, dan lain lain yang berhubungan dengan keuangan. Jika Anda merasa kinerja yang diberikan si pekerja tercatat baik, jangan ragu untuk memberi bonus sebagai penyemangatnya agar bekerja lebih baik  lagi.

4. Konsultasi dengan Ahlinya

“Diatas langit, masih ada langit” begitulah kira – kira kata – kata yang perlu Anda ingat. Sehebat apapun Anda, masih ada orang yag lebih hebat lagi, sehingga setidaknya kita tidak akan segera puas dengan apa yang kita miliki sekarang. Usaha yang kita miliki harus terus berkembang agar memiliki umur panjang dan tidak kemakan jaman.

Konsultasi dengan ahlinya merupakan salah satu trik sukses agar bisnis kita teap berjalan walaupun bertahun – tahun lamanya. Karena, kita bisa menanyakan apakah sisitem perusahaan sudah baik? apakah upah yang diberikan sudah tepat?  apakah kelemahan bsnis Anda? Semua itu bisa kita tanyakan kepada ahli agar bisa memberika solusi yang tepat demi kelancaran bisnis Anda.

Comments