3 Langkah Awal memulai Bisnis Online Shop

Baca Juga

3 Langkah Awal memulai Bisnis Online Shop – Mengenai  bisnis online, banyak sekali orang beranggapan bahawa membangun sebuah toko online bisa menjadikan seseorang meraup banyak keuntungan. Apakah itu benar adanya? Atau hanya bualan belaka?

Semua itu tergantung apa tujuan awal Anda membangun sebuah Online Shop. Tapi, saya yakin semua orang yang membangun onine shop memiliki satu tujuan utama, yaitu menghasilkan pundi – pundi uang. Lantas, apakah membuat online shop itu mudah?

Usaha tidak akan menghianati hasil. Semakin bagus sebuah toko online, maka semakin rumit pula cara mendesain website tersebut. Terlebih, mudah sulitnya membuat online shop tergantung pada diri sendiri, itu sesuai kemampuan masing – masing individu.

Sebuah hasil tentunya memiliki langkah awal dulu bukan. Sama halnya dengan membangun sebuah toko online, ada beberapa langkah awal yang perlu disiapkan agar toko yang dibuat bisa berjalan dengan baik dan mulus.

1. Menyiapkan Fasilitas yang Dibutuhkan

Keperluan dalam membuat bisnis online menjadi kunci keberhasilan Anda dalam membuat sebuh onine shop. Fasilitas yang lengkap dengan kulaitas baik sangat membantu proses pengerjaan. Ada beberapa perlengkapan yang benar – benar harus kita persiapkan ( perlengkapan wajib) diantaranya:

- PC atau Laptop

PC atau laptop sangat dibutuhkan dalam membuat sebuah toko online. Karena, berfungsi sebagai alat pemrograman yang biasanya membutuhkan keahlian khusus dalam mengoprasikannya. Setidaknya, Anda harus paham teknik dasar dalam pengoprasian PC atau Laptop.

- Koneksi Internet

Koneksi internet merupakan salah satu hal wajib yang perlu disiapkan. Karena, Kita harus selalu terhubung ke internet untuk bisa membuat online shop dengan mudah. Kecepatan internet juga berpengaruh besar terhadap cepat lambatnya pengerjaan sebuah toko online.

- Pengetahuan Internet Marketing

Tanpa adanya pengetahuan, semua yang akan kita bangun akan mengalami banyak kendala dan sulit untuk menyelesaikannya.  Sebelum kita benar – benar membuat sebuah online shop, ada baiknya kita belajar tentang internet marketing dengan tujuan bisa bersaing dengan online shop lain.

2. Menentukan Barang yang Dijual

Setelah Anda sudah membuat Online shop yang sudah siap untuk digunakan, saatnya kita menentukan barang apa yang akan kita jual.  Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum memilih produk yang dijual, diantaranya:

- Barang harus bersifat aman dan terhindar dari larangan agama dan negara
- Harga barang harus sesuai dengan budget yang Anda miliki
- Barang harus memiliki tingkat persaingan yang sedikit dengan volume pencarian terbanyak.
- Jangan terlalu terpaku pada satu barag, diusahakan 3 atau 4 jenis barang

Barang yang sudah kita pilih, tentunya harus di cek satu persatu apakah ada kerusakan atau tidak memenuhi kriteria baik pada barang tersebut. setidaknya, Anda harus menjaga nama baik online shop Anda dengan cara menjual barang yang berkualitas tinggi dan layak untuk dipakai.

3. Mengoptimalkan Strategi Pemasaran

Website sudah dibuat, produk sudah kita pilih. Untuk langkah selanjutnya adalah memperhitungkan strategi pemasaran. Walaupun kita membuat sebuah onlien shop yang tampilannya sangat bagus dan produk memiliki kualitas terbaik, tapi jika tidak ada orang yang mengetahuinya sama saja percuma bukan.
Banyak sekali strategi pemasaran yang bisa kita lakukan, diantaranya:

- Membuat Halaman Facebook

Banyak sekali orang yang sukses dalam internet marketing dengan cara membuat sebuah halaman di facebook. Facebook merupakan sosial media yang memiliki jutaan pengguna aktif setiap harinya. Hal tersebut bisa kita manfaatkan dengan mempromosikan produk kita kepada orang banyak.

Anda juga bisa beriklan di halam facebook. Sehingga, halam anda akan muncul di beranda orang lain dan kemungkinan untuk dikenal oleh orang banyak akan semakin besar.

- Share ke Sosial Media

Bukan hanya Facebook, sosial media yang lain seperti Twitter, Pinteres, Google Plus, Instagram, dan yang lainnya bisa kita gunakan sebagai tempat promosi yang cukup strategis.
Selain gratis, share ke sosial media juga cukup mudah dan cepat. Namun, Kita juga harus tetap mementingkan kenyamanan orang lain dengan menghindari yang namanya Spam.

- Beriklan di Google Adwords

Salah satu strategi paling jitu yang mungkin bisa Anda coba yang memiliki uang lebih. Pasalanya, dengan beriklan di google, website kita akan selalu di bagian paling atas saat orang melakukan pencarian dengan kata kunci tertentu.

Hal tersebut tentunya membuat webiste kita bekembang dengan pesat dan mudah dikenal banyak orang. Namun, kita juga harus mempertimbangkan tentang biaya pengiklanan yang harus kita bayar. Hal tersebut perlu untuk dilakukan atau tidak. 

Saran saya, jangan terlalu memaksakan jika memang anda tidak mempunyai uang lebih,, masih banyak cara membuat online shop kita bisa dikenal oleh orang banyak.

Comments