5 Strategi Pemasaran Online Yang Perlu di Pahami Untuk Pemula

Baca Juga

Bisinis online, penghasilan  alternatif paling menjanjikan jika di lihat dari keuntungan yang didapatkan. Banyak sekali pelaku bisnis yang sudah membanting stir  ke berbagai jenis bisnis online, dengan alasan:

  • Persaingan pasar di dunia nyata lebih ketat dibandingkan dunia maya, karena tidak semua orang bisa menggunakan media sosial ataupun pandai dalam internet marketing.
  • Jangkauan yang lebih luas, karena pengguna internet di indonesia sudah sangat banyak terutama sosial media seperti Facebook.
  • Tidak adanya batasan waktu, setiap orang bisa memesan suatu produk kapan dan dimana saja.

Namun,  apakah sudah  ada perencanaan yang matang sebelum memasuki dunia bisnis online? Dalam melakukan perpindahan dari bisnis yyang tadinya offline menjadi Online, harus mempunyai strategi pemasaran yang baik dan benar agar tidak terjadi hal – hal yang tidak di inginkan.
Untuk lebih jelasnya, mari kita simak 5 strategi bisnis online yang perlu di pahami oleh pemula.



5 Strategi Pemasaran Online Yang Perlu di Pahami Untuk Pemula

1. Mencari Produk yang Tepat

Pemilihan produk yang tepat merupakan kunci dari suksesnya seorang pebisnis online. Setaip produk, memiliki tingkat persaingan yang berbeda – beda. Tingkat persaingan dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah banyaknya pemesanan.

Bayaknya pemesanan sebuah produk akan meningkatkan persaingan pasar akibat dari banyaknya orang yang mulai menjual produk yang sama. Semakin banyak orang yang menjual produk tersebut, semakin susah Anda dalam menjual produk tersebut.

Lalu, bagaimana caranya memilih produk yang tepat? Yang harus Kita lakukan adalah mencari produk dengan persaingan yang kecil, namun selalu dibutuhkan oleh orang banyak. Dengan memperhatikan persaingan suatu produk yang akan kita jual, maka semakin banyak juga peluang kita meraih kesuksesan dengan cara Berbisnis Online.

2. Produk harus Memiliki Prospek  Jangka panjang

Kita semua pasti pernah melihat suatu produk yang sangat laku keras di pasaran, namun hanya di momen – momen tertentu saja. Dalam menjalankan bisnis online, kita harus pintar dalam pemilihan produk yang bisa laku keras, namun orang selalu membutuhkannya setiap saat, bukan musiman.

Contohnya adalah Makanan. Semua orang butuh makan,semua mahluk hidup yang ada di dunia ini memerlukan makanan tanpa terkecuali. Sehingga menjual makanan secara online memiliki peluang lebih besar dibandingkan produk yang hanya ada di musim tertentu.

3. Membangun Sebuah Website

Setelah kita menentukan produk apa yang akan kita jual, saatnya kita membuat wadah untuk produk yang akan kita jual, yaitu sebuah website yang juga berfungsi sebagai media promosi bagi produk yang akan dijual.

Namun, jangan membuat sebuah website secara acaka – acakan atau bahkan tidak nyaman untuk dikunjungi. Buatlah sebuah website yang sudah mobile friendly atau bersahabat dengan perangkat mobile.

Karena, faktanya pengguna internet di indonesa kebanyak menggunakan smartphone untuk terhubung ke internet. Guanakan sebuah website yang enak dipandang dan kecepatan website tersebut tidak lambat agar pengunjung bisa nyaman pada saat berkunjung.

4. Membangun Sebuah Konten

Perlu diketahui, setelah membuat sebuah website bukan berarti Anda hanya perlu memasang gambar produk yang aka kita jual, tetapi juga sebuah konten yang memiliki banyak sekali fungsi, salah satunya sebagai identitas dari produk.

Ketika Kita menjual sebuah produk di sebuah website, Kita juga perlu menambahkan kata – kata yang berkaitan dengan produk tersebut muali dari nama, fungsi, cara kerja, dan lain sebagainya.

Buatlah sebuah konten yang bisa kita pahami dengan mudah dalam artian tidak terbelit – belit ataupun mengulang sebuah kata yang sama secara terus – menerus. Membuat sebuah konten yang berkualitas bisa menambah kepercayaan bahawa produk yang kita jual juga lebih berkualitas.

5. Mempelajari Teknik Seo

Jika kita sudah membuat sebuah website, yang kita perlukan selanjutnya adalah pengunjung. Pengunjung merupakan hala yang perlu kita perhatikan, karena tanpa pengunjung siapa yang mau membeli produk yang kita jual.

Darimana datangnya pengunjung? Tidak mungkin orang langsung tahu bahwa kita membuat website tanpa adanya sebuah optimisasi Seo. Fungsi Seo disini untuk mengoptimalkan webiste yang kita punya  di pencarian google agar bisa ditemukan oleh orang dengan mudah.

Semakin atas Website yang kita punya pada saat pencarian, maka semakin banyak pula pengunjung yang akan datang ke website kita. Walaupun kita bisa share alamat website Kita di sosial media seperti Facebook ataupun Twitter, tapi pengunjung organik lebih baik ketimbang pengunjung dari sosial media.

Itu adalah beberapa strategi yang bisa kita terapkan jika ingin menggeluti bisnis online.

Baca Juga : Ini Sikap Dan Karakteristik Wirausaha Sukses

Mungkin strategi tersebut cukup membantu untuk pemula yang memang serius dan ingin meraih kesuksesan hanya dengan berjualan online. Terapkan langkah – langkah di atas secara profesional agar bisa mendatangkan apa yang kita inginkan.sekian dan terima kasih telah berkunjung.

Comments