Tips Memulaii Bisnis Onlie Untuk Pemula

Baca Juga

Bisnis Online, suatu bsinis yang cukup menjanjikan bagi yang memang ingin mendapatkan penghasilan sampingan, atau bahkan bisa menjadi penghasilan utama Anda. Mungkin Kita semua pernah melihat orang yang sedang mempromosikan dagangannya di sosial media seperti Facebook, Twiterr, Instagram, ataupun sebuah website buatan sendiri, itu juga bisa dikatakan bisnis online.
Sebelum kita mengetahui bagaima caranya memulai bisanis online untuk pemula, ada baiknya kita mengetahui apa yang dimasud dengan Bisnis Online?



Bisnis online bisa di artikan sebagai suatu usaha yang dilakukan oleh perorangan atau kelompok yang dilakukan melalui media internet sebagai media promosinya. Jika kita memiliki toko baju, sepatu, ataupun barang dagangan yang lainnya namun di promosikan melalui media sosial taau sebuah website juga bisa dinamakan Bisnis Online.
Apa yang harus kita persiapkan terlebih dahulu untuk memulai bisnis online? Dibawah ini ada beberapa ulasan mengenai tips memulai bisnis online untuk pemula  sehingga bagi Kalian yang ingin memulai bisnis ini tidak salah dalam melangkah.

1. Modal Awal

Setiap usah yang kita jalankan, kita memerlukan modal awal untuk membeli berbagai macam kebutuhan, entah itu untuk membeli produk, memasang iklan, dan lain sebagainya. Setiap barang yang akan dibeli, kita harus benar – benar memperhitungkan secara matang mulai dari harga, kualitas, fungsi, dan lain sebagainya.

Berapa banyak modal awal yang Kita butuhkan? Tergantung apa yang akan kita dagangkan. Namun, saran Saya mulailah berbisnis online kecil – kecilan terlebih dahulu untuk pemula. Karena, berbisnis secara oline itu tidak semudah membalikan telapak tangan. Jika modal yang dikeluarkan besar, manakala mengalami kegagalan akan menerima kerugian yang besar pula.

2. Produk 

Hal yang harus di pikirkan secara matang – matang adalah produk yang akan Kita jual. Tanpa produk, apa yang akan kita jual kepada konsumen. Produk yang kita pilih, harus produk yang memang banyak dicari atau dibutuhkan banyak orang.

Hal – hal yang perlu diperhatiakan pada saat pemilihan produk adalah sebagai berikut:

  • Menjual produk yang banyak orang butuhkan di kehidupan sehari – hari. Misalnya baju, celana, makanan, dan kebutuhan pokok lainnya. Karena seseorang akan tertarik dan membeli produk tersebut karena mereka memang membutuhkan, bukan karena hobi.
  • Produk yang bermanfaat. Menjual produk yang bermanfaat untuk pembeli, kita bukan hanya mendapatkan keuntungan, tapi juga mendapatkan kesenangan tersendiri, Karena bisa membantu orang yang mungkin sangat membutuhkan produk tersebut.
  • Mencari produk yang sesuai modal awal. Disini saya bukan membatasi dalam pemilihan produk, tetapi mengantisipasi manakala produk yang kita jual tidak laku. Cari produk yang tidak terlalu mahal namun berkualitas, sehingga keuntungan yang di dapatkan bisa kita tabung untuk membeli produk yang lebih banyak lagi agar lapak yang kita bangun bisa maju dan sukses.
  • Kualitas dari produk tersebut. Perlu diperhatikan terutama bagi yang berjualan cream pemutih wajah dan sejenisnya, karena kualitas produk harus diutamakan agar konsumen puas dan merasa aman sehingga menjadi pelanggan setia pada produk Anda.


3.Target Pemasaran

Untuk apa kita berjualan jika tidak ada target yang ditentukan. Kita berjualan produk harus memiliki target pemasaran yang baik agar penjualan produk bisa maksimal. Pemilihan target bisa dilakukan di berbagai media sosial dengan pengguna aktif yang sangat banyak salah satunya adalah facebook.

Misalkan, kita berjualan produk  tentang baju, celana, dan sepatu. Kita bisa mempromosikan barang dagangan kita ke forum jual beli baju yang bisa kita temui di berbagai grup facebook. Jika kita menjual baju, namun kita malah mempromosikannya di jual beli sepeda motor, pastinya tidak ada yang mau membeli dagangan kita karena grup tersebut orang – orang mencari atau menjual sepeda motor, bukan baju.

4. Koneksi Internet

Namanya juga Online, pastinya kita membutuhkan koneksi internet agar bisa terhubung ke berbagai sosial media, toko online, maupun beberapa situs. Tanpa adanya koneksi internet, kita tidak akan bisa berjualan di dunia maya sehingga produk Kita tidak ada yang laku.

Bukan hanya itu, koeksi yang stabil juga harus diperhatikan. Apalagi pada saat ada orang yang mau memesan produk Anda, dengan respon yang cepat dan tutur kata yang sopan bisa menambah kenyamanan saat proses transaksi berlangsung. Walaupun terlihat sepele, tapi itu memperbesar kemungkinan pelanggan tersebut akan kembali ke lapak Anda.

Sekian dan terima kasih telah berkunjung,

Baca Juga : Alasan Mengapa Orang Lebih Memilih Bisnis Online

Comments